top of page
Blog: Blog2

TERIMA KASIH TELAH DATANG

Selamat datang di Blog saya, blog pertama dan yang paling saya tunggu untuk menuangkan ide dan pengalaman saya disini. Tunggu kelanjutannya dan terima kasih sudah hadir

Blog: Welcome
Untitled

Christopher McCandless

Happiness is onlys real when shared

Blog: Quote
  • Writer's pictureWilliam Stefanus

Persiapan Menuju Russia




Jika anda ingin berpergian menuju negara lain, tentunya anda butuh untuk melakukan persiapan yang matang. Anda pasti pernah berwisata di tempat yang belum pernah anda tuju, tentunya anda sudah tahu mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan utama atau dasar yang kiranya dibutuhkan disana, seperti misalnya uang tunai, pakaian, bekal, kamera dan obat-obatan pribadi. Atau mungkin anda pernah berwisata ke luar negeri, yang tentunya membutuhkan persiapan yang lebih matang daripada berwisata didalam negeri, seperti dokumen, baju musim tertentu dan uang tunai negara tertentu. Sepertinya saya tidak perlu untuk menjelaskan secara detail hal-hal lumrah yang memang harus disediakan sewaktu kita pergi ke luar negeri, tetapi pada bagian akhir postingan ini saya tetap akan memberikan informasi dan list apa saya yang harus dibawa untuk bepergian ke luar negeri, khususnya bagi anda yang ingin menjalankan study student exchange di Russia, dan lebih spesifik lagi, kota Rostov on Don. Dalam postingan ini saya lebih memusatkan tulisan saya untuk membahas barang-barang spesifik yang dibutuhkan mahasiswa seperti keperluan sekitar pembelajaran, perjuangan hidup dan dokumentasi.




Poin pertama, tentu anda harus menyiapkan seluruh dokumen dan kontrak yang disediakan oleh Universitas asal anda. Dalam postingan ini, Universitas Kristen Petra Surabaya adalah kampus saya, bagi anda yang berasal dari Universitas lain, bisa langsung saja loncat menuju Point kedua, karena apa yang saya bahas mungkin sedikit berbeda bagi anda yang berasal dari universitas lain. BAKP adalah pusat anda mengisi lembar form-form, menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, dan jangan khawatir, anda bisa datang pada jam kerja BAKP untuk berkonsultasi mengenai masalah seputar kesempatan study di luar negeri. Sejauh yang saya ingat, mungkin berbeda bagi anda memilih universitas lain atau mungkin setelah saya menulis tulisan ini, aturan mengenai pendaftaran study di luar negeri berubah. Setelah berkonsultasi dan mengisi form 1, lihatlah dengan seksama apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan pendaftaran pada lembaran form 1. Mungkin saat ini bila anda belum mempersiapkan apa-apa, ada baiknya anda yakin anda memiliki passport, dan yakinlah juga passport anda tidak akan kadaluarsa setidaknya untuk 1 tahun ke depan bagi anda yang memilih program 6 bulan, atau 1.5 tahun bagi anda yang memilih program 1 tahun. Tidak lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen asli berupa : Akte lahir, Kartu Keluarga, KTP, Ijazah SMA, lalu fotocopy dokumen-dokumen tersebut bersama passport (seluruh halaman) minimal 2-3 kali fotocopy untuk cadangan, hal ini sangat penting. Kemudian pastikan juga anda memiliki pas foto terbaru berlatar belakang putih ukuran 2x3 dan 3x4 sebanyak-banyaknya. Tidak ada ruginya bila anda mempersiapkan pas foto sebanyak mungkin. Pas foto ini dibutuhkan untuk mengisi form 1-2 di BAKP, membuat VISA Russia, dan urusan imigrasi-dokumentasi di Russia. Lalu lembar dokumen pengakuan bahwa anda mahasiswa aktif di Universitas Kristen Petra dan transcript hasil study juga diperlukan. Untuk mendapatkan kedua kertas ini, sebelumnya anda harus mempersiapkan uang sekitar Rp. 15.000,- dan Screenshot hasil study anda di halaman SIM Petra, lalu bawalah kedua hal itu menuju BAA untuk mengajukan kedua lembar yang saya sudah sebutkan diatas. Setelah berhasil melewati form 1 dan mendapatkan pengumuman dari pihak BAKP, anda akan mendapatkan kesempatan Beasiswa Network Scholarship, segeralah daftarkan diri anda dan ikuti prosedur yang ada disana. Tidak lupa juga, beberapa minggu setelah anda diterima di universitas tujuan, anda akan mendapatkan undangan, undangan ini anda gunakan sewaktu anda mendaftarkan VISA Russia. Setelah itu, beberapa hari sebelum keberangkatan anda ke Russia, pastikan anda mengisi form 2 BAKP, yang berisi persetujuan orang tua, tanda tangan staf-staf universitas dan berikan pada BAKP sebelum anda pergi berangkat.




Poin kedua, pembuatan sertifikat kesehatan. Untuk memasuki Negara Federasi Russia, anda membutuhkan sertifikat kesehatan Negative-HIV, Helminth egg, dan TBC. Saya pribadi memilih Laboratorium Prodia karena paling dekat dari tempat tinggal saya, Perlu dicatat, mintalah pada pihak Laboratorium untuk menyetak sertifikat tersebut dalam bahasa Inggris dan juga khusus untuk Negative-HIV, mintalah kopian asli karena anda akan memberikan dokumen tersebut pada pihak kedutaan Russia dan universtias tujuan. Bila anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan penerjemahan dokumen ke bahasa Russia, akan sangat baik tentunya, mengingat di universitas tujuan, mereka men-syaratkan seluruh dokumen kesehatan berbahasa Russia. Tetapi jangan khawatir, apabila tidak bisa, bawalah sertifikat kesehatan berbahasa Inggris tersebut sampai ke universitas tujuan lalu mintalah bantuan kantor universitas pusat untuk membuatkan terjemahannya.




Poin ketiga, pembuatan VISA Russia adalah hal yang harus segera anda lakukan setelah mendapatkan undangan untuk memasuki Negara Federasi Russia, mengingat proses pembuatan VISA yang memakan waktu 1 bulan, dan adanya kemungkinan penolakan sehingga anda harus mengulangi proses pembuatan VISA. Pertama-tama bukalah website keduataan Russia untuk Indonesia, lalu isi form pendaftaran online. Setelah mendapatkan Approval di menu halaman tersebut, kemudian print dokumen tersebut. Siapkanlah uang senilai 70 $ Amerika, bukan dalam hitungan rupiah, lembar print undangan dari universitas tujuan, fotocopy passport, pas foto, kartu keluarga, dan sertifikat kesehatan (Helminth egg, TBC, dan Negative-HIV).



Poin keempat, pembelian tiket pesawat. Hal ini perlu diperhatikan sejak awal anda memutuskan untuk pergi ke Russia, karena seperti yang saya sudah katakan pada postingan saya sebelumnya, bahwa tiket pesawat ini sangat mahal, mungkin bisa dibilang tiket pesawat mencakup >60% dari seluruh biaya saya di Russia. Untuk lebih detailnya, silahkan anda pelajari pada postingan saya sebelumnya.




Berikut ini adalah poin-poin penting yang saya sendiri pikiran sebelum pergi dan juga saya temukan setelah sampai dan menjalani kehidupan disini :

1. Kartu VISA dan kartu Mastercard. Hal ini penting untuk melakukan proses transaksi keuangan dari Indonesia. Mengapa saya merekomendasikan anda untuk membawa 2 kartu ATM yang berbeda? Hal ini karena ternyata tidak semua kartu bank Indonesia bekerja sama dengan bank-bank yang ada di Russia, jika memang salah satu kartu anda tidak bisa digunakan di Russia, kartu yang lainnya mungkin bisa mem-back up. Selain itu, sering kali terjadi kejadian termakannya kartu ATM di Russia dan kemungkinan untuk mendapatkan kartu ATM itu kembali sangat kecil. Apabila salah satu kartu termakan, maka anda masih bisa melakukan transaksi seperti biasa. Tidak lupa juga pastikan fasilitas Internet Banking anda aktif agar bisa melakukan pengecekan berkala pada rekening anda. Dan yang terakhir tidak ada salahnya juga bagi anda untuk mengecek dan memperbaharui kartu ATM di Bank anda, pastikan kartu ATM dan rekening anda bekerja normal dan bisa melakukan transaksi di negara Russia, datang lalu konsultasi keperluan anda pada konsultan bank.

2. Uang EURO dan USD dari Indonesia. Hal ini dikarenakan di Russia, tidak bank dan perusahaan penukaran uang yang menerima uang Rupiah, ada baiknya anda memecahkan semua uang Rupiah anda di Bandara sebelum berangkat.

3. Pakaian hangat. Khususnya bila anda pergi pada waktu musim gugur dan dingin. Sarung, topi, sarung tangan, kaus kaki tebal, jaket tebal, baju Heat-tech (dan semacamnya), dan pakaian pribadi anda yang sekiranya nyaman dan cukup kuat untuk menahan dingin.

4. Belajarlah Bahasa Russia. Bisa dikatakan, menurut saya sangat sedikit orang Russia yang bisa berbahasa Inggris, jadi pastikan terlebih dahulu sebelum anda berangkat ke Russia, anda sudah bisa membaca tulisan Cyrillic, dan percakapan dalam bahasa Russia sehari-hari. Hal ini bisa anda pelajari di Youtube, saya merekomendasikan Channel Youtube Permira Russia, mereka sangat komunikatif dan edukatif dalam menyampaikan pelajaran.

5. Obat-obatan pribadi. Bisa dikatakan selama saya disini, obat-obatan Russia tidak terlalu berpengaruh pada diri saya pribadi, mungkin berbeda bagi masing-masing orang, tetapi tidak ada salahnya anda membawa persediaan obat-obatan yang cukup dari Indonesia. Saya pribadi membawa Tolak Angin, Panadol, Koyo cabe, dan Bandrek susu jahe.

Itulah hal-hal yang ingin saya sampaikan sebagai persiapan menuju Russia, kurang lebihnya akan saya perbaharui dan perlu dicatat keperluan setiap orang berbeda-beda. Yang saya sampaikan diatas adalah menurut saya pribadi, bisa anda gunakan dan tambahkan agar anda sendiri cukup yakin dan nyaman selama berada di Russia.

0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page