top of page
Blog: Blog2

TERIMA KASIH TELAH DATANG

Selamat datang di Blog saya, blog pertama dan yang paling saya tunggu untuk menuangkan ide dan pengalaman saya disini. Tunggu kelanjutannya dan terima kasih sudah hadir

Blog: Welcome
Untitled

Christopher McCandless

Happiness is onlys real when shared

Blog: Quote
  • Writer's pictureWilliam Stefanus

Gaya Hidup di Russia

Apakah yang muncul di benak anda bila mendengar Negara Russia? Mungkin saja pikiran anda sama seperti apa yang saya pikirkan sebelum menuju negara Russia. Setidaknya apa yang saya dengar dan lihat di Internet mengenai negara Russia adalah :

1. Vladimir (Vladimirovich) Putin

2. Beruang

3. Road Rage

4. Vodka

5. Vitas

6. Mabuk

7. Berkelahi

8. Salju dan Siberia

9. AK-47

10. Komunisme


©WilliamZhong
Infantry Vehicle terparkir di depan Gereja Orthodoks ©WilliamZhong

Dan setelah saya datang dan melihat secara langsung berbagai macam kehidupan di negara tirai besi ini, bisa saya katakan semuanya benar adanya, setidaknya selama 3 bulan saya hidup disini. Saya akan ceritakan beberapa dan bahkan akan saya bagikan juga beberapa hal yang saya tidak pernah dengar tetapi terjadi di Russia. Mungkin pandangan setiap orang berbeda-beda, tetapi akan saya tekankan di awal bahwa inilah yang benar-benar saya temui, alami dan saya pikirkan secara pribadi.

Presiden Russia, Vladimir (Vladimirovich) Putin adalah orang yang sangat terkenal disini bukan hanya karena beliau adalah presiden, tetapi banyak sekali kontroversi dan cerita publik mengenai beliau. Impresi pertama saya dimulai bahkan sebelum saya berangkat menuju Russia. Saat mengurus Visa di Kedutaan besar Russia untuk Indonesia, terpampang sangat jelas dan besar foto presiden Putin di beberapa sudut ruangan. Jujur, cukup shock, karena tidak seperti yang biasa saya lihat di Indonesia, Figur presiden kita, Joko Widodo didampingi Figur wakil presiden, Jusuf Kalla, dipajang dengan ukuran foto relatif normal. Tetapi berbeda dengan yang saya lihat di kedutaan, begitu besar foto beliau terpampang dan tidak ada figur lain yang berdampingan dengan beliau. Dan selama di Russia pun, mulai dari Airport, Sekolah, Restoran, dan beberapa tempat umum lainnya, beliau sangat dihormati, bahkan saya menemukan merek minuman keras Vodka “Putinka” yang saya mendengar sendiri dari teman-teman saya disini bahwa Vodka tersebut dinamai untuk presiden Putin. Tidak hanya Vodka rupanya, bahkan merek-merek makanan dan kebutuhan sehari-hari pun saya perhatikan terinspirasikan atau minimal mengandung unsur presidensial, seperti misalnya : Boneka Matrioska, Cokelat, buku tulis, topi, jaket, powerbank, case handphone dan lain-lain.


Presiden Vladimir Putin ©WilliamZhong

Jika anda sering membuka internet dan menelusuri sosial media, apa hal-hal yang anda temui dan bersangkutan dengan Russia? Setidaknya saya berulang kali, melihat beruang berkeliaran bahkan hidup bersama sebuah keluarga di Russia. Notabene beruang yang masyarakat kita pikirkan adalah binatang buas, besar dan berpotensi untuk membunuh manusia. Sejujurnya selama saya disini, hanya sekali saya melihat secara langsung beruang, dan itupun hanya saya temui di kebun binatang dan terkurung disana. Tetapi setelah berbagi pengalaman dengan teman-teman saya disini, baik teman-teman Indonesia di kampus dan luar kampus, teman-teman sesama student exchange dari berbagai penjuru dunia, dan teman-teman penduduk asli Russia, banyak dari mereka sudah lama tinggal di Russia dan pernah bepergian di belahan negara Russia yang lain. Mereka menceritakan bahwa di bagian utara dan timur Russia, beruang dan manusia biasa hidup berdampingan, salah satu dari mereka mengatakan pernah melihat beruang diajak jalan sore seperti layaknya majikan mengajak jalan sore anjingnya, beruang diikat dengan tali dan dibiarkan berjalan bersama ditaman, bahkan salah satu teman Russia saya pernah berkata bahwa salah satu kota di daerah Siberia, tidak hanya beruang tetapi binatang tidak biasa lainnya seperti rubah, babi, rusa dan rakun, mereka sudah bisa dijinakkan dan menjadi binatang peliharaan manusia. Sepertinya orang Russia sudah terlalu bosan dengan kebiasaan manusia normal diluar Russia, memelihara kucing dan anjing seperti tidak ada “greget”nya.


©WilliamZhong
Vodka Shot bersama teman saya dari Prancis, Clement Leniaud ©WilliamZhong

Apa yang anda lakukan bila keadaan udara sangat dingin? Disini orang-orang meminum Vodka (sebagai alasan?) untuk menghangatkan tubuh diudara yang dingin, dan seperti yang kita ketahui bahwa Russia sangat dingin, apalagi di bagian bumi bagian utara dan daratan Siberia, ditambah lagi jika musim dingin telah tiba, dengan kelembapan yang rendah dan angin yang tinggi, suhu 8 derajat disini akan terasa (feel) 4 derajat. Bahkan bagi orang-orang lokal pun udara diawal musim gugur, yaitu kira-kira Oktober, relatif dingin, fashion dan penampilan bukanlah yang utama disini, yang penting adalah bertahan hidup dari suhu dingin, yaitu dengan berpakaian tebal dan terlihat sangat tidak fashion, tetapi mereka tidak perduli atas itu semua. Sangat dinginnya hidup disini, apalagi bagi saya yang tidak biasa untuk hidup di suhu yang rendah, meneguk beberapa gelas Vodka adalah hal yang lumrah dan efektif setidaknya yang saya coba dan rasakan untuk melawan suhu dingin. Tetapi tentunya terlalu banyak meminum Vodka juga tidak baik, saya tidak ingin mabuk di negeri antah berantah yang saya baru datangi dan tidak mengerti. Seperti yang sempat saya singgung diatas, bagi beberapa orang lokal disini, meminum Vodka untuk menghangatkan tubuh bukanlah alasan. Mabuk adalah alasan orang meminum Vodka, percayalah setiap saya keluar dari lingkungan kampus menuju pusat kota, belanja, makan, bahkan sekedar jalan-jalan di taman, pasti saya menemukan salah seorang atau sekelompok pemabuk, dan benar, pasti ada Vodka diantara mereka. Mengapa seperti itu? Menurut saya mungkin selain tekanan hidup disini dan menghangatkan tubuh, budaya minum-minum disini juga didukung dengan harganya yang murah, dan sangat mudahnya masyarakat menjangkau minuman minuman tersebut.


Senjata laras panjang abnormal, tubuh saya sebagai perbandingan ©WilliamZhong

Coba anda cari di Google gambar, “the most Russian picture ever”. Pasti anda akan menemukan kombinasi dari hal-hal yang saya sudah sebutkan diatas, sangat menarik bukan? Saya bukan hanya mendengar dan melihatnya di Internet, tetapi sudah mengalami dan melihat secara langsung disini. Tidak lupa saya ingin menyebutkan senjata api, disini bila anda bandingkan dengan di Indonesia, hal tersebut adalah hal yang lazim dan akan anda lihat di berbagai sudut kota. Saya pernah melihat secara langsung banyak sekali tentara dengan senjata api, masyarakat lokal dengan piston, souvenir khas dengan pernak-pernik peluru, dan penjualan alat peledak di pasar lokal entah itu masih aktif atau sudah mati. Bahkan teman dari teman saya mempunyai jejeran peluru dan bomb granat asli dipajang di kamarnya, gila bukan? Sepertinya mereka siap untuk berperang atau apapun itu.


Kecelakaan di salah satu jalan utama ©WilliamZhong

Pastinya anda pernah melihat video “Road Rage” yang beredar di internet baik melalui Youtube, Facebook, Instagram, Whatsapp, atau dimanapun itu. Percayalah kejadian tersebut sebagian besar terjadi di Russia, sangat sering terjadi disini, bahkan menurut analisis saya kamera dashboard sangat laku dan banyak dijual diberbagai toko. Setidaknya 3 kali kejadian kecelakaan berakhir perkelahian dan bahkan kematian disini. Baik dari kecelakaan biasa antara mobil, bahkan kecelakaan motor yang saya lihat langsung dan berakhir tragis. Meskipun kendaraan umum disini sangatlah bagus fasilitasnya dibandingkan dengan Indonesia, tetapi rupanya kebanyakan pengendara disini menurut saya pribadi sangat buruk mengemudikan kendaraannya. Selalu saja setiap saya naik bus maupun taksi, saya akan merasakan tegang dan pusing. Saya sangat menyarankan bagi anda yang ingin bepergian dan tinggal disini untuk tidak berkendara apabila anda tidak terbiasa, karena selain pengemudi disini yang tidak menyenangkan, tetapi sistem mengemudi disini yang terbalik denga kita, menurut saya cukup banyak waktu untuk kita orang Indonesia untuk belajar dan terbiasa dengan stir kiri. Mungkin bila anda punya banyak waktu dan cukup uang, anda bisa membeli kendaraan disini, sangat mudah menurut saya karena dari semua sumber yang saya dapatkan, harga mobil disini sangatlah murah, bahkan ada yang harganya sekitar 5 juta rupiah. Memang bekas dan sudah tua, tetapi bisa menyala dan berjalan.




0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page